Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Minggu, 16 Mei 2010

Saklar Otomatis

A.Saklar Tombol Tekan(Push Button)
Saklar tombol tekan masih banyak sekali di pakai untuk mengontrol motor. Tombol yang normal direncanakan untuk berbagai tipe yang mempunyai kontak normal tertutup (Normally Clossed/NC),atau normal terbuka (Normally Open/NO).
Kontak NO akan menutup jika tombol ditekan. Tombol tekan ini banyak digunakan untuk start, Stop, dan membalik arah putaran motor. Tombol NO digunakan untuk start. Sedangkan tombol NC digunakan untuk stop.

B.Saklar Tekan Batas(Limit Switch)
Saklar tekan batas pada dasarnya merupakan atau saklar yang bekerja apabila mendapat tekanan. Bedanya dengan tombol tekan hanyalah pada pelayanannya dari saklar tersebut. Pemakaiannya adalah sebagai alat bantu kontrol dari pengontrol motor-motor yang memerlukan penggunaan saklar aktif dengan mesin tersebut. Sebagai contoh penggunaan saklar batas ini adalah pada pengontrolan pembalik putaran motor secara otomatis. Menjalankan motor secara beraturan pada sistem bantransfer(converyor). Pemilihan berat suatu benda control peneumatic dan lain-lain pengontrolan mesin secara otomatis.

C.Saklar Apung (float switch)
Untuk mengontrol ketinggian cairan digunakan saklar apung, saklar ini ditempatkan pada tangki air atau pada permukaan cairan yang dikontrol. Saklar apung mempunyai kontak NO dan kontak NC yang kerjanya dikendalikan oleh tuas atau mata rantai dari benda apung misalnya air pada pengontrol kotak-kotak. Saklar ini dihubungkan dengan rangkaian kontrol motor secara seri.

D.Saklar tekan arus (flow switch)

Bekerja berdasarkan tekanan cairan maupun udara melalui pipa penghubung tekanan ini akan membuka dan menutup kontak-kontak. Konstruksinya dari saklar tekan ini menurut prinsip kerja ada beberapa tipe. Sebagai contoh saklar yang digerakkan alat dayung (paddle), tekan difensial dan gaya kemagnetan.


Download Modul Saklar otomatis lengkap.pdf


Jika anda ingin convert .pdf ke word document klik link di bawah untuk download softwarenya

0 komentar:

Posting Komentar

"Jadilah orang yang mao memberi komentar"

Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites